10 Kuliner Unik yang Cuma Berada di Bulan Ramadan, Salah Satunya Gulai Siput

Bulan Ramadan adalah salah satunya bulan yang benar-benar dinanti-nantikan oleh beberapa kaum muslim di penjuru dunia. Bulan ini tetap memberi nuansa yang membuat kangen buat beberapa kaum muslim di penjuru dunia tidak kecuali di Indonesia.

Di tiap wilayah, warga Indonesia mempunyai beberapa langkah untuk rayakan kehadiran bulan yang mulia ini, diantaranya lewat makanan. Masyakat di beberapa wilayah sering membuat kuliner ciri khas yang cuma ada saat bulan Ramadan datang. Kuliner ciri khas ini seringkali jadi target untuk menu berbuka puasa atau menu takjil. Beberapa orang ikhlas untuk mengantre untuk memburu kuliner ciri khas itu.



Berikut 10 kuliner unik yang cuma berada di bulan Ramadan yang sudah merdeka.com mengumpulkan dari beberapa sumber.

Kicak adalah salah satunya kuliner unik yang datang dari Yogyakarta serta cuma berada di bulan Ramadan. Kicak dibuat dari singkong yang dikukus. Untuk lengkapi rasa, kicak umumnya diperlengkapi dengan taburan parutan kelapa diatasnya.

Makanan ini umumnya didapati di pasar sore Kauman yang terdapat di Yogyakarta. Pasar itu terdapat dalam suatu kampung Muhammadiyah di jalan Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Saat dikonsumsi, kicak akan berasa lembut serta manis. Taburan parutan kelapa meningkatkan rasa asin serta gurih digabungkan dengan aroma dari potongan buah nangka serta daun pandan tentunya akan membangkitkan nafsu makan anda di saat buka puasa.

Kuliner unik yang cuma ada waktu di bulan Ramadhan selanjutnya ialah sate susu. Sate susu adalah kuliner ciri khas yang ada waktu bulan Ramadan yang datang dari Kampung Jawa, Desa Wanasari, Denpasar Barat.

Sesuai namanya, sate susu ini adalah sate yang datang dari puting susu sapi yang dipotong-potong berupa dadu, selanjutnya di rebus lalu dibumbui yang ciri khas.

Bumbu sate ini mempunyai keunikan yakni datang dari tepung beras yang digabung dengan santan serta bermacam rempah-rempah yang digunakan untuk bumbunya yakni kencur, cabai merah, cabai rawit, serta bawang putih.

Kuliner unik yang cuma ada waktu di bulan Ramadhan setelah itu soto pangkong. Kuliner unik ini datang dari Pontianak. Sotong pangkong memakai bahan fundamen sotong atau cumi yang dikeringkan memakai arang yang dibakar.

Sotong yang dikeringkan di atas arang terlebih dulu dipukul-pukul sampai berupa pipih. Sotong pangkong adalah kuliner yang benar-benar populer untuk kuliner yang ada waktu di bulan Ramadan. Umumnya sotong pangkong diberikan dengan gabungan sambal kacang, sambal asam pedas manis, atau cuka.

Kuliner unik yang cuma ada waktu di bulan Ramadan selanjutnya ialah Lemang. Lemang adalah kuliner unik yang ciri khas di saat bulan Ramadhan persisnya di wilayah Melayu yakni Minangkabau.

Jajanan ini adalah jajanan favorite warga ditempat yang dibikin berbahan fundamen ketan. Ketan itu dibuat dengan bumbu ciri khas. Jajanan ini sering jadi target beberapa kaum muslim di saat waktu buka puasa sudah datang.

Kuliner unik yang cuma berada di bulan Ramadan yang setelah itu pakat. Pakat adalah kuliner ciri khas yang berasal Mandailing Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Pakat adalah makanan yang dibuat dari puncak muda semacam rotan yang diberikan dengan dibakar terlebih dulu sampai masak, tapi kadang dapat diberikan dengan di rebus selanjutnya kulit luarnya dibuang serta didalamnya yang berwarna putih diambil lalu dipotong bergantung hasrat.

Mempunyai struktur yang benar-benar lembut, pakat umumnya disantap dengan nasi untuk lalapannya, atau digabung dengan beberapa sayuran, ditambah lagi cabe serta bawang potongan, atau dapat dicocol dengan sambal.

Kuliner unik yang cuma ada waktu di bulan Ramadan setelah itu Asida. Asida adalah kuliner tradisionil yang datang dari Maluku.

Bahan fundamen makanan ini ialah tepung terigu, gula, merah, kapulaga, daun pandan serta digabungkan dengan sedikit kombinasi kayu manis. Struktur makanannya mempunyai rasa kenyal seperti dodol.

Kuliner unik yang cuma berada di bulan Ramadan setelah itu adalah kuliner yang mempunyai bahan fundamen siput yakni gulai siput. Makanan ciri khas ini datang dari wilayah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Sesuai namanya, gulai siput adalah kombinasi bahan fundamen siput yang digabungkan dengan santan yang selanjutnya dibuat sampai jadi kental seperti gulai biasanya.

Kuliner unik yang ciri khas didapati di saat bulan Ramadanyang selanjutnya ialah mi glosor. Kuliner unik ini banyak diketemukan di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Di kota hujam itu, mi glosor umumnya diberikan untuk menu untuk buka puasa. Glosor adalah arti yang diambil dari Bahasa Sunda yang bermakna gampang ditelan.

Kuliner unik yang cuma ada waktu bulan Ramadan setelah itu makanan yang dibuat dari bahan fundamen kacang panjang, daun belimbing, terong, paria serta daun kemangi yang diberi nama dengan ebetan. Semua bahan itu digabung dengan bumbu urap yang dibuat dari bahan fundamen kelapa.

Bangka kopyor adalah makanan ciri khas yang dibikin berbahan baku buah nangka. Bangka kopyor sebuah kata singkatan dari bubur nangka serta kelapa kopyor.

Menu yang cuma ada waktu bulan Ramadhan datang ini dibuat dari tepung terigu, buah kelapa kopyor, pisang, santan,  dan roti tawar. Umumnya jajanan ini diberikan untuk menu berbuka puasa yang ditawarkan di sekitaran pesisir pantai Gresik.

Post a Comment

0 Comments