Manfaat Menggunakan Kalkulator Kehamilan untuk Para Wanita Hamil


Hamil pada dasarnya memang menjadi saat yang sangat dinantikan oleh pasangan suami istri, apalagi yang sudah sejak lama mengidam-idamkan untuk segera memiliki momongan. Hanya saja memang tidak dapat dipungkiri jika fase ini juga menjadi masa yang paling rentan, apalagi bagi wanita. Karena harus mulai mempertimbangkan banyak hal, mulai diantaranya adalah asupan nutrisi yang dikonsumsi sampai dengan aktivitas, sehingga tidak membahayakan janin yang ada dalam kandungan. Penting juga bagi Anda untuk menghitung usia kandungan atau kehamilan tersebut dengan mengandalkan kalkulator kehamilan.



Pastinya banyak diantara Anda yang sudah tidak begitu asing lagi dengan hal ini, bahkan sekarang untuk perhitungannya tak hanya dapat dilakukan secara manual. Melainkan akan jauh lebih praktis mengandalkan sebuah aplikasi yaitu kalkulator ini. Ini merupakan sal satu sarana yang memang banyak dimanfaatkan oleh para mommy di dalam mengetahui informasi mengenai kehamilan mereka. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan memakai at yang satu ini, diantaranya adalah:

  1. Guna menghitung usia kehamilan, pentingnya mengetahui usia kehamilan tak lain adalah untuk melakukan perawatan dengan baik janin yang ada dalam kandungan. Misalnya setelah kehamilan sudah memasuki trimester kedua maka apa sajakah yang hendaknya dilakukan oleh bumil. Begitu juga dengan usia kehamilan yang semakin bertambah kedepannya, sudah pati bentuk perawatan yang harus dilakukan juga semakin bertambah. Dengan sarana yang satu ini maka Anda dapat mengetahui usia kehamilan secara akurat.
  2. Dipakai untuk menghitung HPL atau yang dikenal sebagai hari perkiraan lahir, secara spesifikanya pemakaian dari kalkulator yang satu ini tak lain digunakan untuk mengetahui kapan kira-kira bayi tersebut dilahirkan. Karena sudah ada rumus secara otomatis yang dapat digunakan untuk menghitung usia kandungan dan juga perkiraan nantinya bayi akan lahir. Sehingga nantinya Anda juga bisa segera membuat persiapan untuk menyambut datangnya buah hati tersebut bukan.
  3. Dipakai untuk melihat perkiraan kenaikan berat badan secara normal. Pada dasarnya wanita yang sedang hamil memang sangat normal jika seandainya berat badan mereka mengalami pertambahan. Karena memang ada tubuh lain yang dibawa dalam perut. Justru patut untuk diwaspadai jika seandainya pada saat hamil berat badan justru turun, bukannya naik. Namun tentunya jangan sampai pertambahan berat badan tersebut melebihi batas normal atau menyebabkan obesitas, karena beresiko untuk menyebabkan diabetes gestational.
  4. Guna mengetahui perkiraan berat badan bayi secara cocok dengan usia kandungan tersebut, selain untuk mengetahui usia kandungan. Juga dipakai untuk memperkirakan sebenarnya berapa berat badan bayi yang tengah Anda kandung tersebut. Jika seandainya kurang maka bumil wajib sekali untuk menambah asupan nutrisi yang dikonsumsi, agar berat badan bayi juga dalam ukuran normal.
  5. Untuk mengetahui kapan waktu awal dan juga akhir trimester, karena dalam kehamilan dibagi atas 3 trimester yang berbeda, diantaranya adalah trimester pertama, kemudian juga trimester kedua dan trimester ketiga. Tentunya dengan berbeda trimester ini maka perkembangan janin yang ada dalam kandungan juga berlangsung secara berbeda-beda.

Sebenarnya selain kalkulator kehamilan ini juga ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengetahui usia kandungan. Seperti diantaranya adalah dengan mengandalkan USG yang dilakukan oleh dokter kandungan. Karena nantinya bisa dilihat secara jelas tahapan perkembangan janin yang ada dalam rahim tersebut guna memperkirakan berapakah usianya.

Post a Comment

0 Comments