Ini Pendapat Dokter untuk Masyarakat DKI yang Ingin Olahraga Tanpa ada Takut Polusi

Polusi masih jadi lawan buat masyarakat DKI Jakarta. Khususnya buat masyarakat yang ingin olahraga di luar ruang, tentu saja dapat mengganggu kesehatan aliran pernafasan. 



Karena itu, dokter spesialis kedokteran olahraga dr Zaini K Saragih, SpKO merekomendasikan tidak untuk olahraga di luar ruang waktu tingkat polusi udara masih tinggi. Semestinya, masyarakat DKI manfaatkan program Car Free Day (CFD). 

"Gunakan hari Car Free Day. Waktu Car Free Day sebenarnya udara itu condong lebih bersih," katanya waktu didapati di Gedung Adhyatma Kemenkes RI.

Simak juga: Obesitas Tidak Dianjurkan untuk Lari, Olahraga Apa Dong yang Pas? 

Diluar itu, dr Zaini merekomendasikan untuk olahraga di waktu sesudah turun hujan, sebab polusi condong alami penurunan. Sayangnya, sampai sekarang Jakarta belum juga dirundung hujan. 

Di lain waktu, pegiat kesehatan paru, dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), dari PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) bagikan langkah sehat untuk masih olahraga di kepungan polusi Jakarta. 

Pertama, coba olahraga indoor. Terdapat beberapa type olahraga yang dapat dikerjakan di ruang. Sesaat untuk olahraga outdoor, yakinkan untuk memeriksa Air Quality Indeks (AQI) terlebih dulu. 

"Jika masih ingin olahraga outdoor, kerjakan saat kualitas udara sedang baik, contohnya akhir minggu," tuturnya waktu lalu.

Post a Comment

0 Comments