Sudut unik kota tua yang belum diketahui


Travelling merupakan dambaan setiap orang, dengan berbagai alasan tujuan setiap orang menyukai travelling, ada yang sekedar untuk refreshing, ada yang karna ingin mengetahui tempat baru, ada juga yang senang berpetualang.

Travelling tidak harus mengeluarkan banyak biaya, travelling juga tidak harus keluar kota atau pun keluar negeri, travelling menjelajahi di kota sendiri juga mengasyikkan.
Tentunya itu semua disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan setiap orang.

Membahas tentang travelling, kali ini aku mau share travelling di wisata kota tempat aku tinggal, yaitu Kota Tua di Jakarta Pusat.

Travelling kali ini sangat spesial banget, travelling bareng teman-teman yang diselenggarakan oleh Viva.co.id yaitu media portal berita daring.
Disebut spesial dikarenakan semua peserta sudah dilindungi dengan asuransi diri dari Happyone.id yang dikelola oleh Asuransi Astra, asuransi untuk perlindungan kecelakaan, jadi travelling kali ini lebih aman.

Jadi warga Jakarta sejak kecil hingga sekarang sudah menjadi emak anak 3, tapi baru kali ini nih berkesempatan mengelilingi wisata Kota Tua yang ada di daerah Jakarta Pusat, biasanya hanya sekedar lewat, dan kalau pun sedang liburan ke Kota Tua hanya sekedar nongkrong di cafe.

Tepatnya tanggal 24 November 2018 yang lalu, diadakannya Happiness Race untuk menjelajahi wisata Kota Tua dan sekitarnya.

Sebelum menjelajahi Kota Tua, aku dan peserta lainnya berkumpul di titik point yang telah di infokan sebelumnya, yaitu berkumpul di Historia Cafe, masih di area halaman Kota Tua. Sebelum berangkat, di dalam cafe kita berkumpul untuk sedikit mengganjal perut untuk sarapan, serta pemberitahuan mengenai info apa itu HappyOne.id juga briefing untuk pembagian team, karena setiap kelompok team akan didampingi seorang guide.

Aku terpilih di team 9, setiap team terdiri dari 5 orang. Total semua ada 10 team, untuk team 7-10 di dampingi seorang guide bernama uncle JP, dari beliaulah semua info mengenai sejarah Kota Tua.

Setelah selesai briefing, kita memulai menjelajahi Kota Tua.
Dimulai dari sudut samping Museum Bank Indonesia, bangunan Museum ini dulunya pernah dijadikan Rumah Sakit, bangunannya pun masih kokoh berdiri dan arsitekturnya masih sama hingga sekarang.

Oiya dalam menjelajahi wisata Kota Tua, setiap team diberi tugas untuk melakukan 4 challenge.

  1. HappyMe, foto selfie menggambarkan betapa bahagianya diri sendiri saat travelling kali ini.
  2. HappyEdu, foto keceriaan anak-anak yang sedang berada di Kota Tua.
  3. HappyTrip, foto suasana Kota Tua dan menjelaskan tempat wisata yang sangat direkomendasikan.
  4. HappyHome, foto arsitektur unik yang ada di Kota Tua.


Keempat challenge tersebut, merupakan produk dari HappyOne.id
  • Happy Me (perlindungan diri dari kecelakaan)
  • Happy Edu (perlindungan pendidikan)
  • Happy Trip (perlindungan perjalanan)
  • Happy Home (perlindungan rumah)

Semua informasinya mengenai HappyOne.id dapat dilihat di link berikut https://www.happyone.id/

Di setiap challenge di atas, masing-masing peserta harus foto sendiri-sendiri dan di unggah ke instagram pribadi.

Jelajah kita dibagi menjadi 4 zona, ada zona biru, magenta, hijau dan kuning.

Lanjut yuk menjelajah wisata Kota Tua, lalu kita diajak ke Kali Besar tidak jauh dari Museum Bank Indonesia. Disini terlihat jelas bangunan-bangunan peninggalan dari zaman penjajahan Belanda, dan yang paling terkenal adalah bangunan gedung Toko Merah, unik dan arsitekturnya belum berubah.

Di area sini paling banyak dipakai untuk berfoto-foto, karena memang spotnya kece banget, karna sebagian masih terjaga keaslian bangunannya.

Setelah itu kita berjalan mengitari, dan sampai kembali ke pelataran halaman museum Fatahillah.
Dari situ kita mulai ambil foto untuk memenuhi challenge yang ada di zona biru

Tapi belum selesai sampai disana, kita berkumpul di depan Bank BNI untuk mendapatkan clue selanjutnya, untuk ke zona selanjutnya, namun untuk challenge pertama harus sudah diselesaikan.

Team kita sudah dapat clue nih, awalnya agak bingung karena clue tersebut berbahasa Inggris, tapi harus jeli ada potongan huruf tebal kalau dirangkaikan terbentuk kata sebuah nama tempat klenteng. Namanya KIM TEKLE, search map langsung dapat, on the way dengan berjalan kaki, padahal dikasih ongkos 100rb untuk berlima, tapi team kita memilih jalan kaki karna lebih cepat.

Baru kali ini lho menyusuri daerah pecinan di Jakarta, memasuki pasar-pasar, dan akhirnya ketemulah tempat yang dimaksud, ternyata sebuah Wihara Dharma Bhakti, dan ini pun pengalaman pengalaman pertama memasuki sebuah Wihara, dan sejarahnya pun dijelaskan oleh guide.

Selesai dari sana, kami pun diberi pertanyaan mengenai Wihara tersebut, semua yang sudah dijelaskan tadi. Dan keluarlah clue selanjutnya.

Berjalanlah lagi sambil mengikuti petunjuk, seru cari-cari manisan atau permen yang warnanya harus sesuai yang diminta, tapi kami pun sudah mendapatkannya.
Dan sampailah kita di kedai Kopi Es Tak Kie, menyegarkan diri dulu dengan menikmati es kopi dan istirahat sejenak.

Setelah dapat instruksi selanjutnya, tidak jauh dari sana kita di arahkan menuju kedai makanan, untuk menikmati 1 menu unik dan khas, penasaran aja menu apaan.

Ternyata team kita diundi dan mendapat 2 porsi menu Rujak Shanghai, awalnya sih ga tahu juga makanan seperti apa, dan setelah makanannya datang terus diberitahu apa aja isi dari makanan tersebut, agak ragu juga mau makan. Terpaksalah kita menyantap habis makanan tersebut demi mengejar waktu untuk ketempat selanjutnya, lumayan 2 porsi untuk berlima masih merasa kebanyakan hahahahaha......Setelah kenyang menikmati Rujak Shanghai, clue selanjutnya menuju ke suatu tempat untuk menikmati teh.

Tapi ditengah jalan team kita malah asyik berfoto-foto, dan seharusnya berjalan mencari tempat teh, ternyata terlewati hahaha........
Karena sudah lelah, akhirnya kita langsung kembali ke titik point lagi sesuai puzzle clue yang dikumpulkan.




Sampai juga di garis Finish.....
Seru dan menyenangkan, juga pastinya sangat lelah, tapi terbayar dengan hasil yang dicapai, team kami mendapat juara ke 3....

Ini baru yang namanya travelling menjelajah tempat wisata, jadi lebih tahu tempat tersebut.
Semoga next ada event yang serupa serta lebih seru lagi dan bisa ikutan lagi.




#BeTheHappyOne
#VivacoidXHappyOneId

Post a Comment

0 Comments