Perempuan dalam dunia digital


Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 19 Desember 2018, saya mengikuti sebuah talkshow yang membahas mengenai tentang teknologi saat ini, namun yang menjadi acuan dalam pembahasan ini yaitu si pemakai teknologi, khususnya pengguna internet dalam dunia digital.
Menurut penelitian, rata-rata pengguna internet terbanyak khususnya media sosial adalah wanita, entah itu untuk sekedar bersosialisasi atau pun untuk membangun usaha dan lain sebagainya.

Siapa sih yang sudah memperhatikan dan meneliti para pengguna media sosial itu para wanita?
Saat ini telah terbentuk sebuah organisasi yang sangat menanggapi tentang perempuan Indonesia dalam menggunakan Teknologi Informasi,
Organisasi tersebut adalah
IWITA ( Indonesia Women Information Technology Awareness)
Organisasi ini pun sudah berbadan hukum, dan bertujuan untuk mencerdaskan perempuan Indonesia melalui teknologi informasi.
Mubarika Darmayanti, Ketua IWITA

IWITA didirikan pada tanggal 9 April 2009 bertempat di Jakarta. Organisasi ini mempunyai Akta Pendirian No.5 tanggal 7 Januaru 2011, berdiri resmi sesuai keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No. AHU-87.AH.01.06 Tahun 2011 dan disah kan oleh Notaris.
Dan founder dari IWITA adalah Martha Simanjuntak, SE, MM.
Dan diketuai oleh Mubarika Darmayanti.

Dalam acara kali ini, dihadiri oleh ketua IWITA, yang akan menjelaskan mengenai program dari IWITA dan manfaat penggunaan Teknologi Informasi bagi para perempuan, khususnya digital Economy dan Digital Parenting.

Pada pembahasan Digital Economy, ketua IWITA Mubarika Darmayanti menjelaskan bahwa penggunaan teknologi Informasi dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga, dalam pengembangan produktivitas.

Saat ini banyak bermunculan toko online, karena  sekarang ini belanja online banyak diminati, dan rata-rata para pelanggannya pun kebanyakan perempuan, karena itulah perempuan mendominasi pengguna Teknologi Informasi paling banyak. Dan memang target penjualan itu ditujukan kepada perempuan.

Dalam penggunaan digital teknologi, dapat digunakan untuk strategi pemasaran, penggunaan medsos dapat membantu mengembangkan produk usaha yang dijalankan. Jadi dalam penggunaan media sosial dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, bukan hanya untuk curhatan atau pun untuk menjalin pertemanan saja.

Karena itulah organisasi IWITA memberikan informasi melalui sosialisasi, pengenalan juga pelatihan serta seminar dalam penggunaan Teknologi Informasi, sehingga perempuan dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan membentuk generasi bangsa yang berakhlak mulia dan berprestasi.

Sekarang ini sudah memasuki era digital, semuanya rata-rata banyak menggunakan gadget.
Para perempuan biasanya hanya dirumah saja, mengurusi urusan rumah tangga saja, bahkan sampai ada perempuan yang benar-benar tidak tahu informasi seputar teknologi informasi, karnanya banyak perempuan yang sulit mendapat informasi penting mengenai parenting dan ekonomi.
Karena itulah IWITA berperan aktif dalam pengenalan dunia digital, khususnya digital economy dan digital parenting.

Manfaat dalam digital economy, dapat membantu menyalurkan usaha bisnis para perempuan, jadi lebih mengerti memasarkan dan dapat mencakup pelanggan dari berbagai daerah, tanpa harus kemana-mana, hanya stay dirumah sambil menggunakan gadget.

So...yuk para perempuan jangan sampai gaptek, manfaatkan teknologi digital sebaik-baiknya, dapat bebas berkarya dan mendapatkan informasi lainnya dengan mudah.

Follow media sosial IWITA
@Iwitajkt
https://www.iwita.id
#iwitacreative
#digitalliterasi
#womenempowement
#hariibu2018


Post a Comment

0 Comments